Senin, 04 Maret 2013

Rekomendasi 11 J-Drama Terbaik

Diposkan oleh Sri Ratna Wulan di Senin, Maret 04, 2013
Saya pecinta J-Drama. Setelah menonton puluhan atau mungkin sudah melebihi 100 judul J-drama, maka dalam kesempatan ini saya akan memilih 10 J-Drama terbaik versi on the spot Lan desu (:
Jadi untuk siapa saja pecinta J-Drama baik newbie atau pun sudah lama, tidak ada salahnya mengecek mana judul J-Drama yang belum kamu tonton. Siapa tahu memang daftar ini bisa membantu kalian yang udah bosen dan "have no idea" untuk download judul lainnya. So, check it out!


11. Yankee-kun To Megane-chan

Photo takes from kumojapandrama.blogspot.com

Aliran : Komedi, Sekolah
Artis : Narimiya Hiroki dan Naka Riisa
Tahun penayangan : 2010

Shinagawa Daichi (Narimiya Hiroki) sebenarnya merupakan siswa yang baik dan giat belajar. Akan tetapi, karena suatu situasi ditambah dengan wajahnya yang garang menjadikan dia sebagai "Yankee" - preman - yang ditakuti. Suatu hari dia bertemu seorang wanita yang nantinya menjadi ketua murid kelasnya di perjalanan pergi sekolah. Wanita tersebut, Adachi Hana (Naka Riisa) merupakan siswa yang kecanduan berorganisasi dan antusias terhadap semua hal yang berhubungan dengan sekolah.

Lama kelamaan, berkat kerja keras dari Adachi Hana, mereka akhirnya berteman. Tak lama setelah itu, Shinagawa akhirnya mengetahui bahwa ternyata dulunya Adachi juga adalah seorang "Yankee". Malah "Yankee" yang paling ditakuti di daerah itu!

Dalam dorama ini, diceritakan bagaimana seorang "Yankee" yang ingin berubah menjadi hidup yang lebih baik dan bermakna. Nantinya pasti akan banyak kesulitan dan solusi untuk keluar dari masalah tersebut. Poin utama yang menjadi dorama ini termasuk 10 besar adalah akting Naka Riisa dan Narimiya Hiroki yang sangat bagus dan juga pesan yang ingin disampaikan dorama ini kepada preman-preman sekolah yang masih belum tahu arah hidupnya dengan cara komedi dan dinamis. (:

10. Kaseifu No Mita
Photo takes from wikimedia.org
Aliran : Misteri, Keluarga
Artis : Matsusima Nanako, Hasegawa Hiroki, Kutsuna Shiori, Nakagawa Taishi, Ayabe Shuto, Honda Miyu
Tahun penayangan : 2011

Akari Mita (Matsushima Nanako) adalah seorang pengurus rumah yang tidak bersosial. Tapi dia adalah pengurus rumah yang sangat bagus dan bisa disuruh apapun - membunuh orang pun dia sanggup. Dia tidak tersenyum dan tertutup mengenai masa lalunya.

Akari Mita menjadi pengurus rumah suatu keluarga yang penuh dengan masalah yang disebabkan oleh kematian ibu dan mempunyai ayah yang tidak bertanggung jawab. Selama waktu berjalan - episode per episode, secara tidak langsung Akari Mita menyelamatkan keluarga ini satu per satu, dari mulai anak yang paling kecil, tengah, besar, dan juga masalah Ayah mereka.

Poin utama dorama ini adalah nilai yang terkandung dalam dorama ini, bagaimana membangun sebuah keluarga yang saling bahu membahu menyelesaikan berbagai masalah. Poin lain yang tidak kalah penting adalah suasana misterius yang mencekam yang terasa padahal saya bersumpah, ini bukan dorama horor! Hal ini mungkin berkat akting mereka yang baik, juga backsound yang baik juga.

Trivia : berdasarkan informasi yang saya dapat dari wiki.d-addict.com, Kaseifu No Mita episode terakhir menyedot perhatian pemirsa dengan rating 40%! 

9. Long Love Letter
Photo takes from haruki13.exteen.com

Aliran : Fiksi Ilmiah, Manusia, Romansa
Artis : Tokiwa Takako, Kubozuka Yusuke
Tahun penayangan : 2002

Suatu hari, Yuka Misaki (Tokiwa Takako) secara tidak sengaja, bertemu lagi dengan pria yang setahun lalu pernah dekat dengannya, Akio Asami (Kubozuka Yosuke) di sebuah SMA. Mereka kehilangan kontak karena suatu hal. Dan saat hal itu terjadi, terjadi sebuah gempa yang dahsyat. Setelah gempa tersebut berakhir, terjadi fenomena yang misterius. SMA tersebut terdampar di sebuah gurun tanpa berpenghuni, apa yang terjadi? nanti bisa jadi spoiler kalau saya mengatakannya. Yang jelas, peran Akio, guru matematika SMA tersebut dan Yuka dalam menghadapi masalah ini sangat penting. Selain kebingungan karena kejadian ini, mereka juga harus menenangkan belasan siswa yang juga kebetulan sedang ada di sekolah dan menemukan solusi dari masalah ini.

Kejadian ini disebabkan oleh kelemahan manusia yang tidak mencintai alam, sehingga alam pun tidak ada untuk manusia. Dorama ini seharusnya dapat menyadarkan kita untuk segera berbuat sesuatu untuk bumi agar kehidupan kita masih dalam suasana asri, alami, hijau agar hal seperti ini tidak akan terjadi.

8. Glass No Kamen
Photo takes from x-drama-x-azn-x.skyrock.com 


Aliran : Akting, Romansa, Kehidupan
Artis : Adachi Yumi, Tanabe Seiichi, Nogiwa Yoko, Matsumoto Megumi
Tahun Penayangan : 1997

Legenda aktris teater terkenal, Tsukikage Chigusa (Nogiwa Yoko) memegang hak siar untuk penayangan masterpiece "The Crimson Goddess", peran yang pernah dia mainkan akan tetapi kandas tatkala sebuah kecelakaan menimpanya dan membuat wajahnya buruk rupa. Bertahun-tahun, Tsukikage mencari aktris berbakat yang bisa memainkan peran itu. Pencarian tersebut berakhir tatkala dia secara tidak sengaja melihat Kitajima Maya (Adachi Yumi) di sebuah taman berpura-pura sebagai karakter yang ada di dalam TV. Dia pun mengajak Maya untuk belajar akting di perusahaannya. Maya adalah seorang perempuan kecil yang sangat berbakat.

Akan tetapi, banyak sekali orang yang iri karena talentanya dan berusaha membuat Maya sulit mencapai impiannya menjadi seorang aktris ini. Kerasnya pelajaran yang diberikan oleh Tsukikage pun menambah dirinya dalam kesulitan. Dalam situasi tersebut, selalu ada orang yang memberinya motivasi agar dirinya dapat melalui ujian tersebut. Seorang misterius yang Maya sebut sebagai Penggemar bermawar Jingga yang juga membayar uang sekolah Maya.

Drama ini penuh dengan intrik-intrik kehidupan. Masih terdapat rasa iri dengki dari peran antagonis yang hilang di drama jaman sekarang. Dalam rangka Maya mencapai cita-citanya, terdapat juga cerita romansa yang patut ditunggu-tunggu. Saya tidak bisa menyebutkan dengan pasti ceritanya. Kekuatan Adachi Yumi dalam berakting memang sangat baik. Sangat sayang untuk dilewatkan.

7. Hanazakari No Kimitachi E

Photo takes from es.drama.wikia.com

Aliran : Komedi, Sekolah, Romansa
Artis : Horikita Maki, Oguri Shun, Ikuta Toma
Tahun Penayangan : 2007

Ashiya Mizuki berpura-pura sebagai seorang laki-laki agar dapat masuk ke sekolah khusus laki-laki di Jepang. Ashiya dulu tinggal di Amrik, tapi bertekad pergi ke Jepang untuk menemui Sano Izumi (Oguri Shun), siswa berbakat di bidang loncat tinggi. Ashiya bertekad membuat Sano kembali loncat.

Disuguhkan penuh dengan komedi sekolah, kita bisa tertawa sepuasnya. Sebenarnya, hal yang menarik dari drama ini bukan dari cerita utamanya, tapi karena aktifitas-aktifitas sekolah yang menarik, gokil, gila, tidak wajar. Hal inilah yang membuat suasana penuh keceriaan. Dari mulai lomba maraton berhadiah televisi, sampai kontes kecantikan ada, hahaha...pokoknya seru. Apalagi yang main disini adalah rata-rata aktor muda berbakat yang nantinya berkembang seperti favorit saya Ikuta Toma, Matsuyama Kenichi, Mazushima Hiro, Yamamoto Yusuke, dan Okada Masaki.

6. 1 Litre Of Tears
Photo takes from www.last.fm

Aliran : Penyakit, Sekolah, Kehidupan, Keluarga, Romansa
Artis : Sawajiri Erika, Yakushimaru Hiroko, Nishikido Ryo, Jinnai Takanori, Narumi Riko
Tahun Penayangan : 2005

Ikeuchi Aya (Sawajiri Erika) adalah anak perempuan yang aktif dan baik dari sebuah keluarga pembuat tahu, dan sebentar lagi akan menjadi anak SMA. Akan tetapi, hal yang buruk terjadi. Dia sering jatuh dan berjalan tidak wajar. Ibunya, Shioka (Yakushimaru Hiroko) membawa Aya ke dokter. Ternyata Aya terkena spinocerebellar degeneration. Penyakit otak yang membuat korban tidak dapat berjalan, berbicara, menulis, atau makan tapi tidak berakibat pada pikiran. Penyakit yang belum ada obatnya sampai sekarang. Bagaimana Aya hidup setelah tahu penyakitnya itu dan bagaimana dia berjuang?

Sebuah cerita berdasarkan kisah nyata yang sayang untuk dilewatkan. Jika kamu sudah lama tidak menangis, maka sekaranglah saatnya untuk menangis.

Trivia : Dorama ini pernah disadur ulang di Indonesia dengan judul : Buku Diari Nayla di RCTI. Hasilnya? no comment ah :p

5. Dragon Zakura
Photo takes from mamahpunyacerita.blogspot.com

Aliran : Sekolah, Belajar, Kehidupan, Komedi
Artis : Abe Hiroshi, Yamashita Tomohisa, Nagasawa Masami, Koike Teppei, Aragaki Yui, Nakao Akiyoshi, Saeko, Hasegawa Kyoko 
Tahun Penayangan : 2005

Sakuragi Kenji adalah seorang pengacara miskin yang mencoba membuat siswa dari sekolah dengan rata-rata nilai 36 masuk ke universitas terbaik di Jepang, Tokyo University (Todai). Hal ini dia lakukan agar sekolah tersebut tidak bangkrut dan juga alasan pribadinya sendiri. "Jika kamu ingin mengubah hidupmu, masuk Toudai!" Itulah kalimat favoritnya. Dia membuat kelas spesial yang terdiri dari siswa-siswa yang mau masuk Toudai dengan berbagai alasan. Yajima Yusuke (Yamapi) masuk kelas spesial karena ingin mengubah hidupnya yang miskin dan ditindas orang-orang yang kuat di kehidupan sosial ini. Mizuno Naomi (Nagasawa Masami) tidak mau masa depannya menjadi wanita penghibur di restoran milik ibunya. Ogata Hideki (Koike Teppei) ingin membuktikan pada ayahnya bahwa dia bukan seorang anak yang tidak berguna. Kobayashi Maki (Saeko) ingin menjadi idola karena dia berfikir lebih mudah terkenal jika ia masuk Toudai. Okuno Ichiro (Nakao Akiyoshi) ingin membuktikan bahwa dia pun berhak diperlakukan seperti adik kembarnya yang lebih pintar. Kosaka Yoshino (Aragaki Yui) hm..Sakuragi sensei pun tidak tahu motivasinya hehe :p

Sebagai tambahan bagaimana teknik paling penting untuk masuk Toudai, Dragon Zakura juga mengajarkan kepada kita hal yang penting dalam kehidupan ini. Saya rasa jika dulu saat kelas 3 SMA nonton drama ini, mungkin, bukan hal yang tidak mungkin, saya bisa masuk ITB jurusan Teknik Informatika :p

4. Ryuusei No Kizuna
Photo takes from asiacue.com

Aliran : Kriminal, Keluarga, Komedi
Artis : Ninomiya Kazunari, Nishikido Ryo, Toda Erika
Tahun Penayangan : 2008

"Saat kita dewasa... Kita harus membunuhnya". Koichi, Taisuke, and Shizuna adalah tiga bersaudara yang mempunyai orang tua dibunuh secara sadis ketika mereka masih SD, dan bertekad untuk membalas dendam. Empat belas tahun kemudian, muncullah beberapa fakta mengenai pembunuhan tersebut.

Selain cerita inti, ada juga cerita lain yang dikemas sedemikian rupa menjadi komedi yang menarik. Shizuna mengundurkan diri dari pekerjaannya di sebuah kantor penjualan terbesar karena bosnya yang menyebalkan karena selalu menempelkan memo di seluruh ruangan mejanya dan juga dijidatnya. Setelah itu, dia tertipu oleh seorang wanita yang menjual jasa materi-materi menjadi orang sukses. Jika di Indonesia, seperti bisnis MLM tapi nipu. Tidak terima uang adiknya hilang, Koichi membuat naskah bagaimana membuat balik lagi itu uang. Pernah mengecap kesuksesan dibidang tipu menipu ini, membuat mereka ketagihan. Mereka bekerja sama untuk menipu orang-orang yang jahat lainnya.

3. Hanayori Dango
Photo takes from blogs.trinitydc.edu
Aliran : Sekolah, Romansa
Artis : Inoue Mao, Matsumoto Jun, Oguri Shun, Matsuda Shota, Abe Tsuyoshi
Tahun Penayangan : 2005

Bisa dibilang, drama ini yang memperkenalkan saya dengan J-drama dan Arashi. Drama ini sangat populer - meski tidak di Indonesia - tapi dikehidupan saya dan teman-teman.

Makino Tsukushi (Inoue Mao) bersekolah di sekolah elit yang terdiri dari orang-orang kelas atas. Di sana terdapat satu grup bernama F4 yang merupakan pemegang saham terbesar sekaligus anak-anak terkaya di sekolah ini. Inoue Mao sebenarnya tidak mau bersekolah di sini, tapi orang tuanya bersikeras agar Makino melanjutkan sekolahnya dengan tujuan menaikkan tarif hidup mereka yang pas-pasan.

Suatu hari, Makino terpaksa membuat suatu masalah dengan F4, sehingga dia diberi Red Card, suatu peringatan yang akan membuatmu keluar karena di-bully seluruh warga sekolah. Tapi Makino adalah wanita yang kuat sehingga sulit sekali membuatnya keluar. Ia juga berani menantang F4. Hal inilah yang membuat Domyoji Tsukasa (Matsumoto Jun) menyukainya.

Cerita Hanayari Dango sudah diadaptasikan dari mulai Taiwan dengan judul Meteor Garden yang booming sekali di Indonesia, sampai mereka, karakter F4 menjadi sebuah boyband dalam kehidupan nyata dan pernah menggelar konser di Indonesia. Lalu diadaptasikan oleh Indonesia dengan judul Siapa Takut Jatuh Cinta. Hayo..ada yang masih ingat? Artis yang main adalah Betran, Jonathan Saputra, lupa lagi yang duanya. Peran ceweknya oleh Leony kalau tidak salah. Dan akhirnya, Jepang pun ingin membuat versi sendiri dengan judul Hanayori Dango ini. Terakhir, Korea juga mengadaptasikannya dengan judul Boys Before Flower.

Dari semua versi, yang paling saya favoritkan tentu saja Hanayori Dango. Alur cerita jelas, tidak terlalu memaksakan, cerita satu ke cerita yang lain tidak monoton, bagus banget deh pokoknya. Yang belum pernah menonton versi Jepangnya, kelewatan pokoknya (:

2. Nodame Cantabile
Photo takes from tenshinosaru.wordpress.com
Aliran : Musik, Romansa, Komedi
Artis : Ueno Juri, Tamaki Hiroshi, Eita, Koide Keisuke, Mizukawa Asami, Saeko
Tahun Penayangan : 2006

Noda Megumi atau Nodame (Ueno Juri) adalah mahasiswa jurusan piano yang berbakat yang mempunyai mimpi sebagai guru TK, dan lebih memilih mendengarkan nadanya dibandingkan membaca kord musik. Orangnya sangat berantakan, jarang mandi, suka makan, bahkan seringkali mencuri bekal makan temannya sendiri.

Shinichi Chiaki (Tamaki Hiroshi) adalah mahasiswa jurusan piano tingkat akhir yang sangat berbakat dan populer. Dilahirkan dari keluarga pecinta musik, dia ahli dalam memainkan piano dan biola dan mempunyai ambisi rahasia menjadi seorang konduktor. Dia sangat perfeksionis, rapi, dan arogan. Dia sebenarnya dapat dengan mudah meraih mimpinya menjadi seorang konduktor akan tetapi, fobia terhadap pesawat terbang dan kapal laut menjadi rintangan terbesar dalam hidupnya.

Secara tidak sengaja mereka bertemu dan lama kelamaan timbul cerita cintanya. Saya juga aneh mengapa bisa begitu hahaha... Berkat Nodame, Chiaki dapat tampil menjadi konduktor sebuah orkestra. Berkat Chiaki, Nodame dapat mengikuti kontes piano. Hubungan mereka adalah simbiosis mutualisme. 

Saya nobatkan drama ini menjadi posisi kedua karena saya masih ingat, ketika dulu masih kuliah, saya bersama teman-teman menderita demam Nodame yang cukup parah. Mungkin sekitar 1 bulan baru kami bisa sembuh. Cerita Nodame berdampak terhadap kehidupan kami. Mungkin karena kuatnya karakter masing-masing. Kami juga menjadi senang musik klasik.

Dan akhirnya tiba juga pada posisi pertama. Drama apakah?

Jreng Jreng Jreng....

1. CHANGE
Photo takes from dramadownload.net
Saya nobatkan CHANGE sebagai drama terbaik versi saya sendiri.

Aliran : Politik, Komedi
Artis : Takuya Kimura, Abe Hiroshi, Fukatsu Eri
Tahun Penayangan : 2008

Kecelakaan yang membuat penguasa partai di daerah Fukuoka dan putra sulungnya sebagai pewarisnya meninggal membuat Kanbayashi Masaichi (Terao Akira), sekretaris partai yang berkuasa harus memutar otak mencari penggantinya. Dia pun mengirim sekretarisnya, Miyama Rika (Fukatsu Eri) untuk membujuk Asakura Keita (Takuya Kimura), putra kedua dari Asakura untuk mencalonkan diri sebagai parlementer.

Keita adalah seorang guru SD di Nagano dan mempunyai hobi melihat bintang. Dia sama sekali tidak tertarik pada dunia politik. Akan tetapi, berkat bujukan dari Miyama dan tekanan dari keluarganya, ia setuju untuk mencalonkan diri tapi tidak berniat untuk menang. Namun, berkat bantuan Nirasawa Katsutoshi (Abe Hiroshi) yang ahli strategi pemilu, Keita menang.

Perdana menteri Jepang terpaksa mengundurkan diri atas tuduhan pelecehan seksual. Kanbayashi pun mempunyai ide untuk mencalonkan Keita sebagai perdana menteri karena Keita yang minim pengetahuan mengenai politik. Hal itu ia gunakan sebagai alih-alih perhatian masyarakat agar menyadari bahwa tetap saja, pihak yang banyak pengalaman dan paham mengenai politiklah yang harus memimpin Jepang. Sehingga nantinya, dia bisa menggunakan hal itu sebagai caranya untuk mencalonkan diri. Akan tetapi, Keita bukanlah boneka politik yang dapat dimainkan seperti itu. Keita ternyata pantas dan layak memimpin negara ini. Kanbayashi pun memikirkan cara untuk menggulingkan kekuasaan Keita. 

Saya fikir, jika saja itu terjadi. Jika saja, Takuya Kimura menjadi presiden, mungkin akan seperti itu. Saya sangat menyukai drama ini karena bercerita tentang perubahan politik ke arah yang benar. Akting Kimura pun sangat bagus. Dan drama politik ini, yang seharusnya membosankan, disulap menarik oleh sang sutradara, Fukuda Yasushi dengan percakapan-percakapan komedi ala barat (kecepatan dalam percakapan).

Yah, itulah 11 J-drama terbaik versi saya. Mudah-mudahan bermanfaat. Dan jika ada yang mau berdiskusi, silahkan komentar di bawah ini. 

0 komentar:

Poskan Komentar

ShareThis

Senin, 04 Maret 2013

Rekomendasi 11 J-Drama Terbaik

Diposkan oleh Sri Ratna Wulan di Senin, Maret 04, 2013
Saya pecinta J-Drama. Setelah menonton puluhan atau mungkin sudah melebihi 100 judul J-drama, maka dalam kesempatan ini saya akan memilih 10 J-Drama terbaik versi on the spot Lan desu (:
Jadi untuk siapa saja pecinta J-Drama baik newbie atau pun sudah lama, tidak ada salahnya mengecek mana judul J-Drama yang belum kamu tonton. Siapa tahu memang daftar ini bisa membantu kalian yang udah bosen dan "have no idea" untuk download judul lainnya. So, check it out!


11. Yankee-kun To Megane-chan

Photo takes from kumojapandrama.blogspot.com

Aliran : Komedi, Sekolah
Artis : Narimiya Hiroki dan Naka Riisa
Tahun penayangan : 2010

Shinagawa Daichi (Narimiya Hiroki) sebenarnya merupakan siswa yang baik dan giat belajar. Akan tetapi, karena suatu situasi ditambah dengan wajahnya yang garang menjadikan dia sebagai "Yankee" - preman - yang ditakuti. Suatu hari dia bertemu seorang wanita yang nantinya menjadi ketua murid kelasnya di perjalanan pergi sekolah. Wanita tersebut, Adachi Hana (Naka Riisa) merupakan siswa yang kecanduan berorganisasi dan antusias terhadap semua hal yang berhubungan dengan sekolah.

Lama kelamaan, berkat kerja keras dari Adachi Hana, mereka akhirnya berteman. Tak lama setelah itu, Shinagawa akhirnya mengetahui bahwa ternyata dulunya Adachi juga adalah seorang "Yankee". Malah "Yankee" yang paling ditakuti di daerah itu!

Dalam dorama ini, diceritakan bagaimana seorang "Yankee" yang ingin berubah menjadi hidup yang lebih baik dan bermakna. Nantinya pasti akan banyak kesulitan dan solusi untuk keluar dari masalah tersebut. Poin utama yang menjadi dorama ini termasuk 10 besar adalah akting Naka Riisa dan Narimiya Hiroki yang sangat bagus dan juga pesan yang ingin disampaikan dorama ini kepada preman-preman sekolah yang masih belum tahu arah hidupnya dengan cara komedi dan dinamis. (:

10. Kaseifu No Mita
Photo takes from wikimedia.org
Aliran : Misteri, Keluarga
Artis : Matsusima Nanako, Hasegawa Hiroki, Kutsuna Shiori, Nakagawa Taishi, Ayabe Shuto, Honda Miyu
Tahun penayangan : 2011

Akari Mita (Matsushima Nanako) adalah seorang pengurus rumah yang tidak bersosial. Tapi dia adalah pengurus rumah yang sangat bagus dan bisa disuruh apapun - membunuh orang pun dia sanggup. Dia tidak tersenyum dan tertutup mengenai masa lalunya.

Akari Mita menjadi pengurus rumah suatu keluarga yang penuh dengan masalah yang disebabkan oleh kematian ibu dan mempunyai ayah yang tidak bertanggung jawab. Selama waktu berjalan - episode per episode, secara tidak langsung Akari Mita menyelamatkan keluarga ini satu per satu, dari mulai anak yang paling kecil, tengah, besar, dan juga masalah Ayah mereka.

Poin utama dorama ini adalah nilai yang terkandung dalam dorama ini, bagaimana membangun sebuah keluarga yang saling bahu membahu menyelesaikan berbagai masalah. Poin lain yang tidak kalah penting adalah suasana misterius yang mencekam yang terasa padahal saya bersumpah, ini bukan dorama horor! Hal ini mungkin berkat akting mereka yang baik, juga backsound yang baik juga.

Trivia : berdasarkan informasi yang saya dapat dari wiki.d-addict.com, Kaseifu No Mita episode terakhir menyedot perhatian pemirsa dengan rating 40%! 

9. Long Love Letter
Photo takes from haruki13.exteen.com

Aliran : Fiksi Ilmiah, Manusia, Romansa
Artis : Tokiwa Takako, Kubozuka Yusuke
Tahun penayangan : 2002

Suatu hari, Yuka Misaki (Tokiwa Takako) secara tidak sengaja, bertemu lagi dengan pria yang setahun lalu pernah dekat dengannya, Akio Asami (Kubozuka Yosuke) di sebuah SMA. Mereka kehilangan kontak karena suatu hal. Dan saat hal itu terjadi, terjadi sebuah gempa yang dahsyat. Setelah gempa tersebut berakhir, terjadi fenomena yang misterius. SMA tersebut terdampar di sebuah gurun tanpa berpenghuni, apa yang terjadi? nanti bisa jadi spoiler kalau saya mengatakannya. Yang jelas, peran Akio, guru matematika SMA tersebut dan Yuka dalam menghadapi masalah ini sangat penting. Selain kebingungan karena kejadian ini, mereka juga harus menenangkan belasan siswa yang juga kebetulan sedang ada di sekolah dan menemukan solusi dari masalah ini.

Kejadian ini disebabkan oleh kelemahan manusia yang tidak mencintai alam, sehingga alam pun tidak ada untuk manusia. Dorama ini seharusnya dapat menyadarkan kita untuk segera berbuat sesuatu untuk bumi agar kehidupan kita masih dalam suasana asri, alami, hijau agar hal seperti ini tidak akan terjadi.

8. Glass No Kamen
Photo takes from x-drama-x-azn-x.skyrock.com 


Aliran : Akting, Romansa, Kehidupan
Artis : Adachi Yumi, Tanabe Seiichi, Nogiwa Yoko, Matsumoto Megumi
Tahun Penayangan : 1997

Legenda aktris teater terkenal, Tsukikage Chigusa (Nogiwa Yoko) memegang hak siar untuk penayangan masterpiece "The Crimson Goddess", peran yang pernah dia mainkan akan tetapi kandas tatkala sebuah kecelakaan menimpanya dan membuat wajahnya buruk rupa. Bertahun-tahun, Tsukikage mencari aktris berbakat yang bisa memainkan peran itu. Pencarian tersebut berakhir tatkala dia secara tidak sengaja melihat Kitajima Maya (Adachi Yumi) di sebuah taman berpura-pura sebagai karakter yang ada di dalam TV. Dia pun mengajak Maya untuk belajar akting di perusahaannya. Maya adalah seorang perempuan kecil yang sangat berbakat.

Akan tetapi, banyak sekali orang yang iri karena talentanya dan berusaha membuat Maya sulit mencapai impiannya menjadi seorang aktris ini. Kerasnya pelajaran yang diberikan oleh Tsukikage pun menambah dirinya dalam kesulitan. Dalam situasi tersebut, selalu ada orang yang memberinya motivasi agar dirinya dapat melalui ujian tersebut. Seorang misterius yang Maya sebut sebagai Penggemar bermawar Jingga yang juga membayar uang sekolah Maya.

Drama ini penuh dengan intrik-intrik kehidupan. Masih terdapat rasa iri dengki dari peran antagonis yang hilang di drama jaman sekarang. Dalam rangka Maya mencapai cita-citanya, terdapat juga cerita romansa yang patut ditunggu-tunggu. Saya tidak bisa menyebutkan dengan pasti ceritanya. Kekuatan Adachi Yumi dalam berakting memang sangat baik. Sangat sayang untuk dilewatkan.

7. Hanazakari No Kimitachi E

Photo takes from es.drama.wikia.com

Aliran : Komedi, Sekolah, Romansa
Artis : Horikita Maki, Oguri Shun, Ikuta Toma
Tahun Penayangan : 2007

Ashiya Mizuki berpura-pura sebagai seorang laki-laki agar dapat masuk ke sekolah khusus laki-laki di Jepang. Ashiya dulu tinggal di Amrik, tapi bertekad pergi ke Jepang untuk menemui Sano Izumi (Oguri Shun), siswa berbakat di bidang loncat tinggi. Ashiya bertekad membuat Sano kembali loncat.

Disuguhkan penuh dengan komedi sekolah, kita bisa tertawa sepuasnya. Sebenarnya, hal yang menarik dari drama ini bukan dari cerita utamanya, tapi karena aktifitas-aktifitas sekolah yang menarik, gokil, gila, tidak wajar. Hal inilah yang membuat suasana penuh keceriaan. Dari mulai lomba maraton berhadiah televisi, sampai kontes kecantikan ada, hahaha...pokoknya seru. Apalagi yang main disini adalah rata-rata aktor muda berbakat yang nantinya berkembang seperti favorit saya Ikuta Toma, Matsuyama Kenichi, Mazushima Hiro, Yamamoto Yusuke, dan Okada Masaki.

6. 1 Litre Of Tears
Photo takes from www.last.fm

Aliran : Penyakit, Sekolah, Kehidupan, Keluarga, Romansa
Artis : Sawajiri Erika, Yakushimaru Hiroko, Nishikido Ryo, Jinnai Takanori, Narumi Riko
Tahun Penayangan : 2005

Ikeuchi Aya (Sawajiri Erika) adalah anak perempuan yang aktif dan baik dari sebuah keluarga pembuat tahu, dan sebentar lagi akan menjadi anak SMA. Akan tetapi, hal yang buruk terjadi. Dia sering jatuh dan berjalan tidak wajar. Ibunya, Shioka (Yakushimaru Hiroko) membawa Aya ke dokter. Ternyata Aya terkena spinocerebellar degeneration. Penyakit otak yang membuat korban tidak dapat berjalan, berbicara, menulis, atau makan tapi tidak berakibat pada pikiran. Penyakit yang belum ada obatnya sampai sekarang. Bagaimana Aya hidup setelah tahu penyakitnya itu dan bagaimana dia berjuang?

Sebuah cerita berdasarkan kisah nyata yang sayang untuk dilewatkan. Jika kamu sudah lama tidak menangis, maka sekaranglah saatnya untuk menangis.

Trivia : Dorama ini pernah disadur ulang di Indonesia dengan judul : Buku Diari Nayla di RCTI. Hasilnya? no comment ah :p

5. Dragon Zakura
Photo takes from mamahpunyacerita.blogspot.com

Aliran : Sekolah, Belajar, Kehidupan, Komedi
Artis : Abe Hiroshi, Yamashita Tomohisa, Nagasawa Masami, Koike Teppei, Aragaki Yui, Nakao Akiyoshi, Saeko, Hasegawa Kyoko 
Tahun Penayangan : 2005

Sakuragi Kenji adalah seorang pengacara miskin yang mencoba membuat siswa dari sekolah dengan rata-rata nilai 36 masuk ke universitas terbaik di Jepang, Tokyo University (Todai). Hal ini dia lakukan agar sekolah tersebut tidak bangkrut dan juga alasan pribadinya sendiri. "Jika kamu ingin mengubah hidupmu, masuk Toudai!" Itulah kalimat favoritnya. Dia membuat kelas spesial yang terdiri dari siswa-siswa yang mau masuk Toudai dengan berbagai alasan. Yajima Yusuke (Yamapi) masuk kelas spesial karena ingin mengubah hidupnya yang miskin dan ditindas orang-orang yang kuat di kehidupan sosial ini. Mizuno Naomi (Nagasawa Masami) tidak mau masa depannya menjadi wanita penghibur di restoran milik ibunya. Ogata Hideki (Koike Teppei) ingin membuktikan pada ayahnya bahwa dia bukan seorang anak yang tidak berguna. Kobayashi Maki (Saeko) ingin menjadi idola karena dia berfikir lebih mudah terkenal jika ia masuk Toudai. Okuno Ichiro (Nakao Akiyoshi) ingin membuktikan bahwa dia pun berhak diperlakukan seperti adik kembarnya yang lebih pintar. Kosaka Yoshino (Aragaki Yui) hm..Sakuragi sensei pun tidak tahu motivasinya hehe :p

Sebagai tambahan bagaimana teknik paling penting untuk masuk Toudai, Dragon Zakura juga mengajarkan kepada kita hal yang penting dalam kehidupan ini. Saya rasa jika dulu saat kelas 3 SMA nonton drama ini, mungkin, bukan hal yang tidak mungkin, saya bisa masuk ITB jurusan Teknik Informatika :p

4. Ryuusei No Kizuna
Photo takes from asiacue.com

Aliran : Kriminal, Keluarga, Komedi
Artis : Ninomiya Kazunari, Nishikido Ryo, Toda Erika
Tahun Penayangan : 2008

"Saat kita dewasa... Kita harus membunuhnya". Koichi, Taisuke, and Shizuna adalah tiga bersaudara yang mempunyai orang tua dibunuh secara sadis ketika mereka masih SD, dan bertekad untuk membalas dendam. Empat belas tahun kemudian, muncullah beberapa fakta mengenai pembunuhan tersebut.

Selain cerita inti, ada juga cerita lain yang dikemas sedemikian rupa menjadi komedi yang menarik. Shizuna mengundurkan diri dari pekerjaannya di sebuah kantor penjualan terbesar karena bosnya yang menyebalkan karena selalu menempelkan memo di seluruh ruangan mejanya dan juga dijidatnya. Setelah itu, dia tertipu oleh seorang wanita yang menjual jasa materi-materi menjadi orang sukses. Jika di Indonesia, seperti bisnis MLM tapi nipu. Tidak terima uang adiknya hilang, Koichi membuat naskah bagaimana membuat balik lagi itu uang. Pernah mengecap kesuksesan dibidang tipu menipu ini, membuat mereka ketagihan. Mereka bekerja sama untuk menipu orang-orang yang jahat lainnya.

3. Hanayori Dango
Photo takes from blogs.trinitydc.edu
Aliran : Sekolah, Romansa
Artis : Inoue Mao, Matsumoto Jun, Oguri Shun, Matsuda Shota, Abe Tsuyoshi
Tahun Penayangan : 2005

Bisa dibilang, drama ini yang memperkenalkan saya dengan J-drama dan Arashi. Drama ini sangat populer - meski tidak di Indonesia - tapi dikehidupan saya dan teman-teman.

Makino Tsukushi (Inoue Mao) bersekolah di sekolah elit yang terdiri dari orang-orang kelas atas. Di sana terdapat satu grup bernama F4 yang merupakan pemegang saham terbesar sekaligus anak-anak terkaya di sekolah ini. Inoue Mao sebenarnya tidak mau bersekolah di sini, tapi orang tuanya bersikeras agar Makino melanjutkan sekolahnya dengan tujuan menaikkan tarif hidup mereka yang pas-pasan.

Suatu hari, Makino terpaksa membuat suatu masalah dengan F4, sehingga dia diberi Red Card, suatu peringatan yang akan membuatmu keluar karena di-bully seluruh warga sekolah. Tapi Makino adalah wanita yang kuat sehingga sulit sekali membuatnya keluar. Ia juga berani menantang F4. Hal inilah yang membuat Domyoji Tsukasa (Matsumoto Jun) menyukainya.

Cerita Hanayari Dango sudah diadaptasikan dari mulai Taiwan dengan judul Meteor Garden yang booming sekali di Indonesia, sampai mereka, karakter F4 menjadi sebuah boyband dalam kehidupan nyata dan pernah menggelar konser di Indonesia. Lalu diadaptasikan oleh Indonesia dengan judul Siapa Takut Jatuh Cinta. Hayo..ada yang masih ingat? Artis yang main adalah Betran, Jonathan Saputra, lupa lagi yang duanya. Peran ceweknya oleh Leony kalau tidak salah. Dan akhirnya, Jepang pun ingin membuat versi sendiri dengan judul Hanayori Dango ini. Terakhir, Korea juga mengadaptasikannya dengan judul Boys Before Flower.

Dari semua versi, yang paling saya favoritkan tentu saja Hanayori Dango. Alur cerita jelas, tidak terlalu memaksakan, cerita satu ke cerita yang lain tidak monoton, bagus banget deh pokoknya. Yang belum pernah menonton versi Jepangnya, kelewatan pokoknya (:

2. Nodame Cantabile
Photo takes from tenshinosaru.wordpress.com
Aliran : Musik, Romansa, Komedi
Artis : Ueno Juri, Tamaki Hiroshi, Eita, Koide Keisuke, Mizukawa Asami, Saeko
Tahun Penayangan : 2006

Noda Megumi atau Nodame (Ueno Juri) adalah mahasiswa jurusan piano yang berbakat yang mempunyai mimpi sebagai guru TK, dan lebih memilih mendengarkan nadanya dibandingkan membaca kord musik. Orangnya sangat berantakan, jarang mandi, suka makan, bahkan seringkali mencuri bekal makan temannya sendiri.

Shinichi Chiaki (Tamaki Hiroshi) adalah mahasiswa jurusan piano tingkat akhir yang sangat berbakat dan populer. Dilahirkan dari keluarga pecinta musik, dia ahli dalam memainkan piano dan biola dan mempunyai ambisi rahasia menjadi seorang konduktor. Dia sangat perfeksionis, rapi, dan arogan. Dia sebenarnya dapat dengan mudah meraih mimpinya menjadi seorang konduktor akan tetapi, fobia terhadap pesawat terbang dan kapal laut menjadi rintangan terbesar dalam hidupnya.

Secara tidak sengaja mereka bertemu dan lama kelamaan timbul cerita cintanya. Saya juga aneh mengapa bisa begitu hahaha... Berkat Nodame, Chiaki dapat tampil menjadi konduktor sebuah orkestra. Berkat Chiaki, Nodame dapat mengikuti kontes piano. Hubungan mereka adalah simbiosis mutualisme. 

Saya nobatkan drama ini menjadi posisi kedua karena saya masih ingat, ketika dulu masih kuliah, saya bersama teman-teman menderita demam Nodame yang cukup parah. Mungkin sekitar 1 bulan baru kami bisa sembuh. Cerita Nodame berdampak terhadap kehidupan kami. Mungkin karena kuatnya karakter masing-masing. Kami juga menjadi senang musik klasik.

Dan akhirnya tiba juga pada posisi pertama. Drama apakah?

Jreng Jreng Jreng....

1. CHANGE
Photo takes from dramadownload.net
Saya nobatkan CHANGE sebagai drama terbaik versi saya sendiri.

Aliran : Politik, Komedi
Artis : Takuya Kimura, Abe Hiroshi, Fukatsu Eri
Tahun Penayangan : 2008

Kecelakaan yang membuat penguasa partai di daerah Fukuoka dan putra sulungnya sebagai pewarisnya meninggal membuat Kanbayashi Masaichi (Terao Akira), sekretaris partai yang berkuasa harus memutar otak mencari penggantinya. Dia pun mengirim sekretarisnya, Miyama Rika (Fukatsu Eri) untuk membujuk Asakura Keita (Takuya Kimura), putra kedua dari Asakura untuk mencalonkan diri sebagai parlementer.

Keita adalah seorang guru SD di Nagano dan mempunyai hobi melihat bintang. Dia sama sekali tidak tertarik pada dunia politik. Akan tetapi, berkat bujukan dari Miyama dan tekanan dari keluarganya, ia setuju untuk mencalonkan diri tapi tidak berniat untuk menang. Namun, berkat bantuan Nirasawa Katsutoshi (Abe Hiroshi) yang ahli strategi pemilu, Keita menang.

Perdana menteri Jepang terpaksa mengundurkan diri atas tuduhan pelecehan seksual. Kanbayashi pun mempunyai ide untuk mencalonkan Keita sebagai perdana menteri karena Keita yang minim pengetahuan mengenai politik. Hal itu ia gunakan sebagai alih-alih perhatian masyarakat agar menyadari bahwa tetap saja, pihak yang banyak pengalaman dan paham mengenai politiklah yang harus memimpin Jepang. Sehingga nantinya, dia bisa menggunakan hal itu sebagai caranya untuk mencalonkan diri. Akan tetapi, Keita bukanlah boneka politik yang dapat dimainkan seperti itu. Keita ternyata pantas dan layak memimpin negara ini. Kanbayashi pun memikirkan cara untuk menggulingkan kekuasaan Keita. 

Saya fikir, jika saja itu terjadi. Jika saja, Takuya Kimura menjadi presiden, mungkin akan seperti itu. Saya sangat menyukai drama ini karena bercerita tentang perubahan politik ke arah yang benar. Akting Kimura pun sangat bagus. Dan drama politik ini, yang seharusnya membosankan, disulap menarik oleh sang sutradara, Fukuda Yasushi dengan percakapan-percakapan komedi ala barat (kecepatan dalam percakapan).

Yah, itulah 11 J-drama terbaik versi saya. Mudah-mudahan bermanfaat. Dan jika ada yang mau berdiskusi, silahkan komentar di bawah ini. 

0 komentar on "Rekomendasi 11 J-Drama Terbaik"

Poskan Komentar

 

Lan Universe Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review